Sejarah Mobil VW Kodok
Mobil ini
berasal dari zaman Nazi Jerman pada tahun 1930an. Adolf Hitler
menginginkan agar kendaraan pribadi dapat tersedia untuk masyarakat umum, dan
menugaskan seorang insinyur, Ferdinand
Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut. Hitler mensyaratkan
bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak
kecil, pada kecepatan 100 km/jam, dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga boncengan samping
sepeda motor pada waktu itu.
Perancang mobil yang sebenarnya
masih kontroversial, karena walaupun secara resmi Ferdinand Porsche adalah
perancangnya, pada 1920-an, Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip.
Mobil tersebut lebih kecil dan lebih murah, namun para produsen mobil tidak
tertarik, justru dua produsen sepeda motor yang tertarik. Adler memproduksi Maikäfer, dan Standard
memproduksi Superior, dan
mengkampanyekan dalam iklan sebagai 'Der Deutsche Volkswagen' (mobil rakyat
Jerman).
Ketika
Nazi mulai berkuasa, mereka menyukai Superior, namun tidak lama kemudian,
Joseph Ganz dimasukkan ke penjara. (Ia kemudian kabur ke Swiss). Kemungkinan alasan
dipenjaranya Ganz adalah karena Nazi mengetahui bahwa ia adalah seorangYahudi. Pemerintah Nazi
kemudian mendekati Porsche, yang merancang prototipe mobil yang mirip dengan Superior, yang dinamakan Käfer. Menurut Volkswagen,
tidak hanya Ganz yang telah merancang mobil dengan desain mirip, dan Käfer
sendiri bukan didesain berdasarkan rancangan Ganz.
Perusahaan Volkswagen dapat bertahan setelah Perang Dunia
atas usaha seorang tentara Inggris, Mayor Ivan Hirst. Setelah perang, Hirst
diperintah untuk mengepalai pabrik yang telah rusak dibombardir Sekutu dan dikuasai Amerika Serikat.
Dimulai dengan usahanya membuang bom yang tidak meledak yang tersangkut di
antara mesin produksi, ia kemudian berhasil meyakinkan angkatan bersenjata
Inggris untuk memesan 20.000 mobil. Pada tahun 1946, pabrik tersebut telah
dapat memproduksi 1.000 mobil per bulan.
Produksi
VW Kodok "Type 1" berkembang pesat dari tahun ke tahun, dan pada 1954 mencapai 1 juta mobil. Pada 1973, produksi telah
mencapai 16 juta, dan popularitas mobil telah menyebar ke berbagai penjuru
dunia.
Volkswagen Beetle, atau Volkswagen Tipe 1, adalah
sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen.
Juga dikenal dengan VW Kodok di Indonesia atau Bug dalam bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman, VW Kodok
merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh
bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya.
VW
Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat
terhenti oleh Perang Dunia II.
Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat.
Comments
Post a Comment